Paradoks mengenai Mesin Waktu dan Teori Dunia Paralel

Sekali lagi ini hanyalah hasil perenungan dan pemikiran saya mengenai mesin waktu, terutama paradoks mesin waktu itu sendiri.

Asumsikan kita bisa naik mesin waktu dan kembali ke zaman Thomas Alva Edison masih hidup dan kita membawa bola lampu dari zaman kita sekarang. Lalu kita memberikan bola lampu yang kita bawa itu ke Thomas Alva Edison. Edison kemudian mempelajarinya dan mengumumkan ke dunia (di zamannya) bahwa dia sudah menemukan bola lampu. Jadi, yang menemukan bola lampu itu siapa? Thomas Alva Edison? Atau kita yang di masa depan?

Kalau kita jawab pertanyaan itu dengan mengatakan Thomas Alva Edison, jelas salah. Kan kita yang memberikan bola lampu ke Edison untuk dipelajari

Kalau kita jawab yang menemukan bola lampu itu kita, di zaman kita, yang menemukan bola lampua adalah Thomas Alva Edison.

Jawabannya menjadi lingkaran setan atau paradoks. Beberapa teori berusaha menjawab pertanyaan ini, salah satunya adalah teori dunia paralel.

Dunia paralel sendiri (menurut teori yang saya baca) adalah dunia yang sama dengan dunia kita, ada diri kita sendiri di sana. Jadi , sebut saja dunia kita sebagai Dunia1. Di Dunia1, kita mengenal bahwa yang menemukan bola lampu adalah Thomas Alva Edison (di Dunia1 di zaman dahulu). Lalu dengan naik mesin waktu, kita datang ke Dunia1 di zaman dahulu, menemui Thomas Alva Edisond dan memberikan bola lampu dari zaman kita ke dia.

Di sinilah tercipta dunia paralel,sebut saja Dunia2. Di Dunia2, Thomas Alva Edison menemukan bola lampu berkat bantuan kita dari Dunia1, sehingga di Dunia2 masa depan(alias Dunia2 di zaman kita sekarang), tetap akan dikenal penemu bola lampu adalah Edison.

Teori dunia paralel ini sangat bagus untuk menjelaskan paradoks mesin waktu yang saya ceritakan di atas. Akan tetapi, sekali lagi, teori dunia paralel ini belum bisa dibuktikan.

Bagaimana pendapat anda?

 

Sumber

4 pemikiran pada “Paradoks mengenai Mesin Waktu dan Teori Dunia Paralel

  1. Kalo saya memahami teori paralel seperti ini. Dunia ini terdiri atas bermiliyaran dunia dengan kejadian sama, hanya dengan pelaku beda. Misalnya, ada dunia lain di mana, saya yang ngepost tulisan anda, dan anda yg berkomentar seperti saya:/

  2. Pantas saja kalau kita kembali ke masa lalu dan membunuh kakek kita sebelum orangtua kita lahir, kita akan tetap hidup. Karena kakek yang kita bunuh adalah kakek kita yang di dunia ke 2….
    Gitu?

    Eh, penjelasan ini juga saya bahas di blog saya….

  3. Trus yang menemukan pertama kali bola lampu itu siapa?
    SEBELUM KITA LAHIR SIAPA YANG MENEMUKANNYA?
    Jangan ngawur. Dia menggunakan caranya sendiri. penggabungan negatif ke positif.

  4. Makanya, kakek saya Albert Einstein mengatakan bahwa, sesuatu itu relatif,,,dalam teori yg dipaparkan memang sangat lemah dan tidak bisa jelaskan,,dalam hal ini kita bisa, menganologikan, duluan mana? Ayam atau Telur?..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s